Ikut Tanam Mangrove


Jadi mahasiswa baru memang terkadang enggak bisa jauh dari pekerjaan baru. Walaupun perkuliahan jurusan masih belum terlalu padat, justru kepadatannya datang dari kegiatan di luar jurusan. Mungkin sekalian perkenalan juga dengan kegiatan kampus dan lingkungan sekitar. Kalau sebelumnya gue lagi mengajar anak-anak SD, kali ini kegiatannya menanam tanaman mangrove.

Gue sebelumnya memang enggak pernah terbayang buat jalan-jalan ke pantai apalagi sampai ikut kegiatan menanam mangrove. Memang, pilihan tepat buat melanjutkan sekolah di kampus wilayah ini membuat gue dekat dengan sesuatu yang baru.

Selama kegiatan ini isinya capek, tapi asik dan seru. Gue lumayan dapat beberapa ilmu tentang tanaman mangrove serta apa fungsi jelasnya untuk perairan. Kalau biasanya gue menanam tanaman itu di pot atau tanah langsung, kali ini gue menanam di tanah berlumpur yang setiap langkah bisa menenggelamkan beberapa centi kaki gue. Enggak lupa juga dengan kulit kaki yang terluka-luka akibat habis silaturahim dengan penghuni di bawah lumpur itu. (Read: kerang dan saudara-saudaranya)

Pergi pulang kami menaiki mobil pick up yang kalau dilihat dari jauh sudah kayak anak-anak sekolah pergi study tour atau jelajah alam. Hahaha.



Komentar