Kunci Sukses Belajar



“Tidak ada kenikmatan dan kebahagiaan kecuali setelah bersusah-payah”

Haii kali ini gue mau ngebahas tentang masalah temen-temen gua dalam pembelajaran. Karena gue pertama kali masuk SMA dan pertama kali menggunakan kurikulum 2013 itu membuat gue dan temen-temen gue merasa bingung dan yaaaa begitulah dalam pelajaran. Dan kita juga pulang sore terus, jadi tugas-PR-dan pelajaran jadi gak seimbang dalam mengerjakannya. Dan mudah-mudahan juga postingan ini bermanfaat untuk kakak-kakak kelas XII yang akan menghadapi ujian-ujian agar dalam belajar bisa menimbulkan ke-efektifan dan kepahaman.
Nah makanya di postingan ini gue mau ngebahas tentang Kunci Sukses Belajar. Postingan ini gue buat juga ngerangkum dari berbagai buku dan artikel-artikel yang berkaitan sama masalah belajar. Dan diharapkan gue (tentunya) dan temen-temen sekalian bisa mengamalkan ilmu ini dan juga bermanfaat. Check this out!

A.  PERSIAPAN-PERSIAPAN BELAJAR
Syarat yang diperlukan untuk persiapan belajar adalah:

1.    Kondisi, yaitu kondisi jasmani dan kondisi rohani
·       Kondisi Jasmani
Kalo kalian emang diharuskan untuk belajar tetapi sedang dalam keadaan kurang sehat, dianjurkan untuk meminum obat terlebih dahulu sebelum memulai belajar. Dan kalo dalam kurang sehat tapi besoknya ada ujian, maka jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar. Karena kesehatan adalah mahkota yang mahal harganya. Jadi kesehatan badan harus selalu dijaga dengan cara makan, istirahat, tidur, olahraga dan lain-lain harus diatur sebaik mungkin agar badan kita selalu tetep segar, bugar dan bersemangat.

·       Kondisi Rohani
Selain kesehatan jasmani yang baik, pelajar harus memiliki ketenangan jiwa dan pikiran. Rasa benci, dendam, takut, khawatir, cemas, irihati dan sejenisnya harus dibuang jauh-jauh karena dapat mengganggu ketenangan jiwa kita.

2.    Tempat

Untuk belajar sebaiknya memilih tempat yang bersih, nyaman, ruangan yang bisa dimasuki oleh sinar matahari, penerangan yang cukup, rapih, jauh dari serangan serangga dan orang atas hal lain yang dapat mengganggu ketenangan belajar.

3.    Suasana

Suasan kamar belajar memang erat hubungannya dengan tempat belajar. Kalo tempat belajarnya baik makan suasananya pun menjadi baik. Jadi disarankan jika kalian-kalian ingin belajar di kamar dengan teman-teman, bermusyawarahlah bagaimana menciptakan suasana belajar yang baik.

4.    Waktu

Biasanya kapan sih waktu pelajar itu harus belajar? Pagi, siang, sore atau malam? Kalo itu kayaknya hanya dia sendirilah yang tau jawaban pastinya. Disarankan belajar itu pada waktu-waktu yang memiliki kesegaran dan kejernihan otak/pikiran serta dapat berkonsentrasi penuh. Nah jika kita memiliki waktu , kondisi dan suasana yang memungkinkan untuk belajar, makan waktu itu harus kita gunakan sebaik mungkin. Karena kesempatan seperti itu mahal harganya, tinggi nilainya, jarang didapat dan belum dimiliki oleh tiap orang. Tapi bukan berarti kalo kita tidak memiliki waktu seperti itu kita tidak belajar sama sekali, justru kesempatan itu bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan yang dapat mengurangi beban belajar.
Jadi pokoknya waktu belajar itu setiap saat, kapan saja, asal kesempatan itu mengizinkan dan memungkinan untuk belajar.

5.    Alat-alat

Sebelum belajar seorang pelajar harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk belajar, agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar dan tak ada gangguan.

B.   CARA-CARA TERPENTING DALAM BELAJAR

1.    Niat

Niat harus dipelihara terus minimal sampai pelajaran selesai. Karena niat adalah asas, pokok dan pondasi untuk langkah-langkah berikutnya.

2.    Kemauan yang kuat

Kemauan adalah modal yang sangat penting dalam belajar, hal ini harus dibarengi dengan usaha yang keras, perjuangan yang gigih dan penuh semangat.
Kemauan tanpa disertai usaha berarti separuh kegagalan kalo nggak boleh dikatakan gagal total :v. Karena kita pasti mengetahui bahwa tidak ada kenikmatan dan kelezatan hidup kecuali setelah bersusah-payah dan sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan.

3.    Perhatian

4.    Konsentrasi

Konsentrasi berarti pemusatan pikiran kepada suatu masalah saja, lainnya tidak. Dalam hal ini hal yang dipikirkan oleh pelajar adalah pelajaran yang sedang dihadapinya. Tinggalkan dan janganlah memikirkan sesuatu kecuali pelajaran.

5.    Bertanya

Kalo misalkan ada kunci untuk membuka/terkabulkan cita-cita yaitu usaha dan berdoa, makan di sana juga ada kunci ilmu yaitu Bertanya. Dengan bertanya kita akan menjadi paham, mengerti dan tidak sesat. Dimana ada kesempatan bertanya, maka gunakanlah kesempatan itu dengan baik.

C.   CARA MENGATUR WAKTU DAN MEMBUAT JADWAL BELAJAR

Untuk memiliki keteraturan belajar seorang pelajar harus membuat rencana kegiatan beserta waktunya. Rencana ini bukan sekedar rencana, tetapi rencana yang harus benar-benar dilaksanakan. Dengan demikian tak ada waktu yang terbuang sia-sia karena jika kita telah membuat rencana kegiatan, kita akan tau apa-apa saja yang harus kita lakukan pada saat-saat jam tertentu.
Cara seorang pelajar membuat rencana belajar/kegiatan adalah dengan membuat Rencana Harian, Rencana Mingguan, Rencana Bulanan. Rencana-rencana tersebut harus dibuat sebaik mungkin sehingga tidak merasa terikat atau diperbudak oleh rencana tersebut.

D.  CARA MENGHAFAL PELAJARAN

Untuk dapat lulus ujian biasanya pelajar pasti menghafal mata pelajaran yang akan diujiankan dengan baik. Untuk dapat menghafal dengan baik ada tiga syarat yang harus dipenuhi, yaitu: Tujuan, Pengertian dan Perhatian.
Seorang pelajar harus sudah mengerti betul-betul bahan pelajaran yang akan dihafalnya. Sekali lagi harus sudah mengerti sebelum mulai menghafal. Tetapi seringkali didapatkan pelajar baru sebentar belajar sudah merasa lelah, malas atau mengantuk. Hal ini disebabkan oleh karena tidak mengerti apa yang ia baca. Kalau setiap pelajar dapat menggunakan metode/syarat tersebut menurut kebutuhan pasti ia dapat menghafal setiap mata pelajaran dengan efisien.

E.   CARA MENGULANGI PELAJARAN

Untuk dapat mengulangi pelajaran dengan baik diperlukan cara yang tepat untuk belajar. Cara yang perlu diperhatikan dan dibiasakan yaitu:
1.    Berniat mantap untuk menambah ilmu
2.    Mengatur waktu untuk mengulangi pelajaran
3.    Membuat rencana belajar dan target yang akan di capai
4.    Disiplin dalam belajar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
5.    Rajin mengulangi; bersemangat dan tekun
6.    Berkonsentrasi dan bersungguh-sungguh
7.    Menggunakan metode menghafal yang sesuai dan mudah
8.    Berusaha mengerti dengan materi yang telah disampaikan
9.    Membuat ringkasan/rangkuman untuk semua mata pelajaran
10.           Mencatat hal yang tidak dimengerti lalu tanyakan
11.           Berusaha memecahkan/mengerjakan masalah-masalah dan soal-soal yang ada di buku dan selalu berlatih
12.           Membuat pertanyaan-pertanyaan sendiri dan mencari jawabannya
13.           Mengadakan tanya jawab dan atau berdiskusi dengan teman
14.           Menjaga kesehatan jasmani dan rohani
15.           Bersikap optimis
16.           Memperluas materi pelajaran dengan cara banyak membaca
17.           Berdoa kepada Tuhan sebelum dan sesudah belajar

Segitu dulu mungkin yang disampaikan yak. Ingat! Jangan bosen-bosen belajar, jangan putus asa, percayalah bahwa segala-galanya akan beres jika kita ulet dan tekun.

SEE YOU NEXT POST YA ^~^

Komentar